Tulisan ini hanya menyakut cara menghapus sebagian URL history pada browser Mozilla Firefox dan Internet Explorer.

Mozilla Firefox

Untuk menghapus sebagian jejak website yang pernah diakses sebelumnya yang muncul pada address bar Mozilla Firefox, caranya sangat mudah: Buka daftar URL website melalui fasilitas dropdown address bar, arahkan dengan tombol panah atas atau bawah pada keyboard, dan pada alamat website yang akan dihapus, gunakan tombol [Delete]. Semudah itu.

Microsoft Internet Explorer

Untuk melakukannya pada Internet Explorer, ini akan sedikit merepotkan karena dilakukan dengan mengedit registry. Dan seperti umumnya tips dan trik terkait editing registry, disarankan untuk melakukan backup registry terlebih dahulu.

Untuk masuk registry editor, klik Start – Run. Ketikkan regedit dan klik OK. Kemudian telusuri pada regedit key berikut pada registry editor
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Internet Explorer\TypedURLs
dan pada panel sebelah kanan ada daftar key url1, url2, dan seterusnya dengan nilai berisi alamat-alamat website dan juga file lokal yang pernah diakses dengan Internet Explorer. Selanjutnya pilih alamat-alamat website yang akan dihapus dengan klik kanan pada baris tersebut dan pilih Delete.

Nah tiba bagian repotnya, setelah sebagian alamat website sudah dihapus, pastikan alamat-alamat tersisa mempunyai nama berurut seperti sebelumnya url1, url2, dan seterusnya. Tips dari saya, setiap kali menghapus satu baris ingat nama urlx-nya, kemudian perhatikan urly dimana y nilai terbesar yang ada pada daftar kemudian ubah nama urly menjadi urlx.

Browser Lain

Saya sendiri belum mengetahui bagaimana melakukannya di Opera, Safari, atau browser lainnya. Jika Anda mengetahuinya, silahkan tuliskan melalui komentar.

0 komentar: